Loading...
Berita TeknologiKomputer

Penjelasan RAM ( Random Access Memory )

Memori akses acak (random access memory / Ram ) adalah kelas memori yang digunakan di komputer. Awalnya, dalam hal memori (random access) yang dapat mengakses data yang tersimpan dalam urutan yang sewenang-wenang, artinya kontras dengan “memori akses sekuensial” yang bisa membaca dan menulis data hanya dari ujung dengan ukuran butiran kasar yang cukup besar. Itu adalah sebuah kata. Namun, menyimpang dari makna aslinya, ia secara eksklusif digunakan untuk memori (ROM) (read only memory), yang bisa sewenang-wenang menulis.

Garis besar Ram

Garis besar Ram

Yang asli “Random Access Memory” adalah perangkat penyimpanan yang dapat melakukan operasi seperti membaca dan menulis ke sel memori pada alamat yang sewenang-wenang dengan memberikan informasi alamat dengan sinyal alamat. Berbeda dengan memori akses berurutan (Sequential Access Memory) yang mengacu pada perangkat penyimpanan dimana informasi tersimpan disimpan secara berurutan seperti pita magnetik dan harus menunggu untuk melakukan operasi ke alamat yang diperlukan. , Kata RAM tidak berarti bisa membaca / menulis.

Ada ungkapan yang disebut RWM (Read Write memory) dalam arti bisa membaca / menulis (Read / Write). Dalam prakteknya, bagaimanapun, hampir tidak pernah digunakan sama sekali.

Karena toko DRAM menyimpan data sebagai muatan kapasitor (kapasitor), data akan hilang karena debit spontan setelah jangka waktu tertentu. Oleh karena itu, perlu membaca informasi secara berkala dan menulisnya lagi. Operasi ini disebut “refreshing”, dan perlu refresh berulang kali pada frekuensi beberapa puluh kali per detik untuk mempertahankan memori. Secara umum, memori seperti itu disebut dynamic memory, disebut dynamic RAM karena disebut DRAM. DRAM memiliki karakteristik bahwa biaya per kapasitasnya rendah karena waktu dari menentukan alamat untuk membaca data sedikit lebih lambat dari pada SRAM, namun struktur unit penyimpanannya sederhana. Selain itu, karena penyegaran selalu dilakukan, konsumsi daya tinggi. Berbagai jenis tersedia secara komersial tergantung pada metode akses DRAM.

SRAM menggunakan flip-flop di bagian memori, dan tidak memerlukan operasi penyegaran. Meski bisa beroperasi dengan kecepatan lebih tinggi dari pada DRAM, rangkaian bagian penyimpanan menjadi rumit, sehingga biaya per kapasitasnya tinggi. Karena operasi penyegaran tidak diperlukan, tidak ada konsumsi daya oleh operasi penyegaran.

DRAM dan SRAM adalah kenangan yang mudah menguap. Ada memori nonvolatile sebagai memori nonvolatile.

Sejarah Ram

Sejarah Ram

Pada kalkulator elektronik komputer pertama (1940), terlalu mahal untuk membuat memori satu bit satu bit dengan tabung hampa udara sebagai elemen utama pada saat itu, jadi perlu menggunakan perangkat atau perangkat yang khusus menggunakan beberapa perangkat penyimpanan. Dirancang. Atanasof & Berry Computer merancang jenis perangkat seperti DRAM dengan sebuah kapasitor yang secara mekanis melakukan operasi penyegaran. Pada prinsipnya, mereka yang menggunakan delay sinyal seperti perangkat penyimpanan delay merkuri yang digunakan di EDSAC yang mulai beroperasi pada tahun 1949 adalah akses sekuensial. Meskipun EDSAC dikatakan sebagai komputer praktis “praktis” built-in tipe pertama, untuk kepraktisan program built-in, dibutuhkan beberapa memori (1024 kata pendek di EDSAC), memori penundaan merkuri Peralatan itu merupakan elemen penting keberhasilan Pesawat. Pada elemen lain pada saat itu, pipa Williams yang memanfaatkan pengisian dari permukaan tabung sinar katoda memiliki karakteristik yang mirip dengan DRAM, seperti memerlukan penyegaran dengan akses acak.

Baca Juga ( Penjelasan Motherboard )

Kemudian, dari tahun 1949 sampai 1952 sebuah memori inti magnetik menggunakan inti magnetik dikembangkan. Dalam memori inti, badan magnetik berbentuk cincin yang disebut inti magnetik yang tertata dalam struktur kisi memiliki struktur yang menembus kawat listrik dari arah membujur dan arah lateral. Kenangan inti magnetik banyak digunakan sejak akhir tahun 1960an sampai awal tahun 1970an saat ingatan semikonduktor oleh sirkuit terpadu muncul. Secara khusus, karena karakteristik yang tidak mudah dipengaruhi oleh radiasi dan sejenisnya, ada contoh yang digunakan untuk pesawat ruang angkasa, dan lain-lain pada tahun 1980an juga. Juga, karena ini adalah pembacaan yang merusak, perlu untuk menulis kembali saat membacanya, namun memiliki karakteristik non-volatilitas karena menggunakan magnetisme inti ferit berbentuk donat.

Pada abad ke-21, memori utama komputer adalah semua DRAM. Pada prinsipnya SRAM pasti terpaksa memiliki biaya satuan per kapasitas yang tinggi, jadi tidak dipikirkan bahwa memori utama akan dikonfigurasi dengan SRAM (kecuali ada beberapa terobosan). Sementara itu, diperkirakan ada kemungkinan beberapa jenis memori nonvolatile menggantikan DRAM, dan penelitian dan pengembangan sedang berlangsung. Misalnya, ada yang menggunakan nanotube karbon dan MRAM menggunakan efek magnetoresistance terowongan. Juga pada tahun 2004, Infineon Technologies merilis sebuah prototipe MRAM 16 MiB. Teknologi generasi kedua yang saat ini sedang dikembangkan adalah metode Thermal Assisted Switching (TAS) dan metode Spin Torque Transfer (STT). Yang pertama dikembangkan secara independen oleh perusahaan ventura, namun yang terakhir adalah mengembangkan beberapa perusahaan termasuk IBM dan lainnya. Namun, masih belum pasti apakah ini akan menjadi mainstream di masa depan.

Pada penyimpanan utama, kepentingan juga penting seiring dengan kecepatan akses dan biaya per kapasitas. Di masa lalu sistem embedded, SRAM telah digunakan untuk menekan konsumsi daya, namun dalam beberapa tahun terakhir DRAM mengkhususkan diri untuk konsumsi daya rendah yang digunakan. Misalnya, di peternakan server dan lainnya, RAM yang disebut “EcoRAM” menekankan pengurangan konsumsi daya daripada kecepatan tinggi juga telah muncul.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *