Loading...
Berita TeknologiKomputer

Penjelasan Motherboard

Penjelasan Motherboard

Motherboard adalah papan sirkuit elektronik utama yang digunakan untuk membuat perangkat elektronik yang digunakan di komputer dan sejenisnya. Ini disingkat MB. Hal ini juga disebut mainboard, board sistem, papan logika .

Penjelasan Motherboard Beberapa bagian tidak dipasang tergantung pada papan.

Beberapa bagian tidak dipasang tergantung pada papan.

Chipset

Ini adalah komponen yang mempengaruhi kinerja motherboard, dan mengendalikan hardware, graphics, sound, dan sejenisnya.

Soket CPU

Bagian yang sesuai dengan CPU. Bila pas, periksa apakah sesuai dengan standar.

Soket memori

Bagian yang sesuai dengan ingatan. Bila pas, periksa apakah sesuai dengan standar.

Baterai

Simpan nilai pengaturan BIOS dan operasikan jam tangan.

Konektor daya ATX

Slot untuk memasok listrik ke bodi motherboard.

Pembicara

Seorang pembicara untuk membunyikan bunyi bip.

Konektor IDE / konektor SATA

Konektor untuk menghubungkan kabel drive seperti IDE dan SATA. Hal ini dimungkinkan untuk menghubungkan hard disk atau SSD untuk optical drive tetapi juga card reader.

Slot PCI

Slot yang bisa meningkatkan berbagai fungsi dengan memasukkan kartu ekspansi.

Slot PCI Express

Slot untuk menghubungkan kartu ekspansi dan kartu video.

Slot AGP

Slot untuk menghubungkan kartu video. Hampir lenyap pada tahun 2017.

Masalah kompatibilitas motherboard

Ada motherboard yang bermasalah dan masalah kompatibilitas. Driver chipset, update dan penyesuaian BIOS, stabilisasi dengan memperbarui driver perangkat dan firmware dari setiap kartu ekspansi terkadang stabil, jadi terutama bagi pengguna komputer pribadi mereka bertukar ide tentang bagaimana mengatasi masalah dan kompatibilitas ini melalui papan buletin jaringan. Saya aktif melakukan.

Pengguna komputer pribadi yang menempel pada kualitas kapasitor elektrolitik yang digunakan untuk motherboard ada. Hal ini karena banyak kapasitor elektrolitik memiliki produk berkualitas rendah, dan banyak produk menyebabkan kebocoran cairan, ekspansi, dan meledak dalam waktu singkat (khususnya, masalah ini menjadi sadar saat kondensor meledak Setelah “kejadian” itu terbang. Jika kapasitor yang tidak berfungsi ini dioperasikan saat tidak diawasi, operasi PC menjadi sangat tidak stabil, seperti tidak dapat start up. Ada juga masalah, baru-baru ini katalog produk motherboard selalu mengatakan bahwa mengadopsi kapasitor umur panjang seperti yang bisa dikatakan.

Baca Juga ( Penjelasan RAM ( Random Access Memory )

Terutama dikatakan bahwa motherboard yang dilengkapi dengan kapasitor yang diproduksi untuk produk dari tahun 2001 sampai 2002 akan menimbulkan masalah. Pada saat itu, pabrikan besar mengambil tindakan seperti mengumpulkan dan memperbaiki produk ini, namun beberapa pengguna terus menggunakannya tanpa pemberitahuan yang dilaporkan di papan buletin bersih dan sejenisnya dan menimbulkan kontroversi. Jika kegagalan kapasitor terlihat dalam masa garansi motherboard, maka akan diperbaiki atau diganti tanpa biaya. Bahkan jika garansi kadaluarsa, ada juga produsen dan distributor yang merespons perbaikan atau penggantian dengan biaya tertentu.

Sejak kejadian di atas, produsen juga mengumumkan bahwa mereka dengan agresif mengadopsi kapasitor dari produsen yang lebih berkualitas, meskipun harganya agak lebih mahal daripada kapasitor elektrolitik murah, dan jumlah produk yang menekankan penekanan kualitas telah meningkat. Di sana Meski ada arahan untuk mengevaluasi penyeimbang motherboard dari jenis kapasitor yang digunakan, nyatanya, selain kualitas kapasitor, kualitas elemen elektronik seperti papan sirkuit cetak dan transistor serta superioritas desain sirkuit juga berpengaruh. Juga, bahkan jika kapasitor itu sendiri terbuat dari produk buatan Jepang yang mahal, ada beberapa kasus di mana rangkaian disederhanakan, jumlah total suku cadang dikurangi, dan biayanya sesuai.

Selain itu, bagi pengguna yang mematuhi kapasitor, sisi dealer terkadang mengganti kapasitor yang terpasang pada motherboard dengan tipe performa tinggi terlebih dahulu dan menjualnya sebagai retrofit asli.

Banyak kapasitor elektrolitik yang digunakan untuk ini disebut produk ESR rendah (keduanya produk impedansi rendah). Saat bertukar, periksa lembar data dari situs produsen kapasitor, apakah karakteristik listriknya sama atau lebih besar dari yang setara, apakah dimensi eksternal tidak banyak berubah (jika dimensi eksternal berukuran besar, maka akan mengganggu bagian sekitarnya dan melekat secara fisik. Ada hal yang perlu dikonfirmasi).

Sejak sekitar tahun 2006, produk yang mengklaim kualitas tinggi dan daya tahan tinggi muncul dengan mengadopsi kapasitor elektrolitik padat aluminium (seperti “Ultra Durable” dari GIGABYTE).

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *