Loading...
Komputer

Banyak Peran Dan Nama-Nama GPU

banyak peran dan nama-nama gpu

Penggunaan dan pengembangan asli untuk GPU adalah untuk mempercepat permainan 3D dan rendering. Akselerasi model 3D game melibatkan pemrosesan geometri, matriks matematika, dan penyortiran. Rendering melibatkan pemolesan piksel dan menyembunyikan beberapa dari mereka. Dua tugas yang berbeda, tidak-gratis, tetapi keduanya dilayani secara mengagumkan oleh prosesor paralel berkecepatan tinggi yang dikonfigurasi sebagai SIMD — instruksi yang sama, banyak data, arsitektur. Prosesor di mana digunakan dalam aplikasi bayangan dan dikenal sebagai Shaders. GPU tersebut diterapkan pada papan tambahan grafis (AIBs) dan melayani pengguna mereka dengan sangat baik. SIMD adalah desain arsitektur, GPU adalah nama branding, sama seperti kita memiliki CPU x86 (merek) yang merupakan arsitektur CISC, dan arsitektur Arm CPU (merek) RISC.

Tidak butuh waktu lama untuk GPU yang diproduksi secara massal, yang menikmati skala ekonomi yang sama dengan prosesor x86 di mana-mana, harus diakui sebagai prosesor yang sangat hemat biaya dengan densitas komputasi yang sangat besar. Karena itu diterapkan sebagai akselerator perhitungan, dan selain antarmuka pemrograman canggung yang hanya dapat dinikmati oleh coder, itu melampaui harapan pengguna, dan pemasok. GPU akhirnya menemukan jalan mereka ke 10 besar dari 500 superkomputer, tahun demi tahun.

GPU juga diterapkan untuk beban kerja pemrosesan gambar di kamera high-end, resolusi ultra-tinggi, kamera robot, dan kamera di smartphone. Yang kemudian menyebabkan aplikasi GPU dalam pembelajaran mesin dan AI, baik untuk pelatihan dan penyimpulan.
Dan itu tidak berhenti di situ. GPU ditempatkan di server di pusat data dan pertama kali digunakan untuk proyek-proyek bursty seperti rendering film sebagai layanan dari penyedia cloud pedagang. Dan itu mengarah pada gagasan membuat GPU jarak jauh menjadi GPU virtual, membawa kekuatan GPU besar (dan biasanya mahal) ke pengguna sesekali, atau pengguna yang tidak memiliki anggaran atau ruang untuk GPU lokal yang kuat .
GPU kemudian menemukan jalan mereka ke dalam CPU x86, serta SoCs berbasis ARM, dalam bentuk memori terintegrasi bersama GPU.

Ketika laptop menjadi notebook, tipis dan ringan, ruang, kekuatan, dan pembuangan panas yang diperlukan untuk GPU yang kuat menjadi bermasalah. Eksperimen dicoba dengan mengeluarkan interkoneksi berkecepatan tinggi yang digunakan oleh GPU yang dikenal sebagai PCIe, tetapi kerumitan pemasangan kabel, konektor, dan driver garis terbukti terlalu mahal dan terlalu rumit untuk menjadi efektif.

Dan kemudian USB-C / Thunderbolt diperkenalkan dan mengubah persamaannya. Sekarang sinyal PCIe dapat diangkut melalui kabel dan konektor bandwidth tinggi yang berbiaya rendah sehingga menjadikan AIB / GPU eksternal sebagai opsi docking praktis untuk notebook tipis dan ringan.

GPU digunakan dalam banyak konfigurasi, dan aplikasi, menjadi perlu untuk menggunakan awalan untuk menetapkan jenis GPU dan aplikasi apa yang dimaksud dan kami mendapatkan yang berikut:

dGPU — prosesor dasar, diskrit (berdiri sendiri) yang selalu memiliki memori pribadi berkecepatan tinggi (GDDR). dGPU diterapkan pada AIB dan papan sistem di notebook.

iGPU — versi yang diperkecil, dengan shader lebih sedikit (prosesor) daripada GPU diskrit yang menggunakan RAM lokal bersama (DDR) dengan CPU.

vGPU — AIB dengan dGPU kuat yang terletak dari jarak jauh di cloud atau server kampus.

eGPU — AIB dengan dGPU yang terletak di kabinet yang berdiri sendiri (biasanya disebut kotak roti) dan digunakan sebagai booster dan docking station eksternal untuk notebook

Secara skematik, berbagai GPU tampak seperti diagram berikut.

GPU ada di PC, dalam bentuk dGPU dan iGPU dan sering keduanya ada di PC pada saat yang bersamaan.

GPU ada di smartphone dan tablet sebagai bagian dari Soc.

GPU ada di konsol game modern saat ini, dan diintegrasikan ke dalam mobil untuk sistem hiburan, dasbor yang dapat disesuaikan, dan dunia mengemudi otonom yang menarik.

Kekuatan superkomputer GPU, server, kamera, instrumen ilmiah, pesawat terbang dan cockpits kapal, robot, TV, proyektor sinema digital, visualisasi, simulasi, sistem VR dan AR, dan berbagai mainan dan perangkat keamanan rumah. Dan itu dimulai karena ada kebutuhan dan permintaan untuk memiliki permainan yang lebih cepat dan lebih realistis. Namun pasar GPU masih jauh dari permainan, pasar ini sangat penting, pasar dengan tuntutan tinggi, taruhan tinggi, serta pengembangan dan kemajuan luar biasa yang melebihi hukum Moore berdasarkan perintah besarnya. Lihatlah ke sekeliling, berapa banyak GPU yang ada dalam hidup Anda? Mungkin lebih dari yang Anda bayangkan.

Please follow and like us:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *